RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP/MTS
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :
VII/
I
Pemetaan SK-KD :
SK 1
dan 3, KD 1.2 dan 3.3
Skill :
Listening, Speaking (Integrated)
Materi :
tindak
tutur (mengungkapkan kesantunan)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
linkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan.
Standar kompetensi
3.
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar
3.3 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam
bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan linkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan
Indicator kompetensi
1.
Mendengarkan
1.2
Merespon
makna dalam percakapan transaksional melibatkan tindak tutur mengungkapkan
kesantunan.
3.Berbicara
3.3
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional melibatkan tindak
tutur mengungkapkan
kesantunan.
I.
Tujuan pembelajaran
Diakhir
pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
1. Merespon makna dalam percakapan
transaksional melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan.
2. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional melibatkan tindak tutur mengungkapkan kesantunan.
II.
Materi pembelajaran
III.
Metode / teknik pembelajaran: Genre-based Instruction
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (5 menit)
1.
Greet students
2.
Check students attendance
3.
Let students pray before studying
4.
Give motivation
5.
Ask students some questions related to the topic today
B.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi/BKOF (10 menit)
a.
Review the last lesson for a while
b.
Showing students some kind of comversation that related to the
topic
c.
Exploring some difficult vocabularies related to the topic
d.
Asking students some questions
2.
Elaborasi/MoT dan JCoT (20 menit)
a.
Teacher demonstrate the conversation in front of class
|
b.
Students answer the questions on the worksheet
c.
Students complete the comversation based on the words given
d.
Teacher divide students in pair
e.
Students practice the conversation with their pair
f. Teacher ask students to change their pair
for five time
3.
Konfirmasi/ICoT (20 menit)
Teacher asks
all pair of students to practice the conversation in front of class based on
their own word.
C.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Ask students opinions about the well mannered
expression that they have learned
2.
Leave taking
V.
Alat/Bahan/Sumber belajar
1.
Any sources from internet
2.
Teacher’s creation
VI.
Media Pembelajaran: Text/Announcement
VII.
Penilaian
1.
Teknik : Tes
lisan
2.
Bentuk :
Presentation
3.
Contoh instrument:
Students retell
the recording based on their own word
VIII.
Rubrik Penilaian
1.
Listening
NO
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Setiap jawaban yang benar dan
tepat
|
20
|
2
|
Jawaban kurang tepat
|
10
|
3
|
Tidak menjawab
|
0
|
Jumlah pertanyaan :
5
Nilai untuk satuan
jawaban benar : 20
Jumlah skor
maksimal : 100
|
2.
Speaking
Aspek
yang dinilai
|
Skala
Penilaian
|
S
|
B
|
S X B
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Fluency
|
Errors
|
Most errors
|
Some like native
|
Mostly like native
|
Truly like native
|
2
|
||
Pronunciation
|
Errors
|
Most errors
|
Some like native
|
Mostly like native
|
Truly like native
|
2
|
||
Content
|
Truly unrelated to the topic
|
Mostly unrelated to the topic
|
Some related to the topic
|
Mostly related to the topic
|
Truly related to the topic
|
4
|
||
Performance
|
Not confident
|
Less
confident
|
Rather
confident
|
Confident
|
Tryly
confident
|
2
|
||
Skor
(S X B)
|
Skor
total: Skor (S x B) x 2
S:
Skor
B:
Bobot
|
|
0 comments:
Post a Comment