RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMP/MTS
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/ Semester :
VII/
I
Pemetaan SK-KD :
SK 1
dan 3, KD 1.2 dan 3.3
Skill :
Listening, Speaking (Integrated)
Materi :
tindak
tutur (mengucapkan terima kasih)
Alokasi Waktu :
2 x 40 menit
Standar kompetensi
1.
Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar
1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
linkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur mengucapkan terima kasih.
Standar kompetensi
3.
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi dasar
3.3 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional
(to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam
bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan linkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur mengucapkan
terima kasih
Indicator kompetensi
1.
Mendengarkan
1.2
Merespon
makna dalam percakapan transaksional melibatkan tindak tutur mengucapkan terima
kasih.
3.Berbicara
3.3
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional melibatkan tindak
tutur mengucapkan
terima kasih.
I.
Tujuan pembelajaran
Diakhir
pembelajaran, peserta didik diharapkan mampu:
1. Merespon makna dalam percakapan
transaksional melibatkan tindak tutur mengucapkan terima kasih.
2. Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional melibatkan tindak tutur mengucapkan terima kasih.
II. Materi pembelajaran
Give
thanks to the other.
III.
Metode / teknik pembelajaran: Genre-based Instruction
IV.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal (5 menit)
1.
Greet students
2.
Check students attendance
3.
Let students pray before studying
4.
Give motivation
5.
Ask students some questions related to the topic today
B.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi/BKOF (10 menit)
a.
Review the last lesson for a while
b.
Showing students some pictures
c.
Exploring some difficult vocabularies related to the recording
d.
Asking students some questions
2.
Elaborasi/MoT dan JCoT (20 menit)
a)
Teacher plays the recording about expressing thank ;
·
Thank
you
·
Thanks
·
Thanks
a lot
·
Thank
you very much
·
|
b)
Students answer the questions on the worksheet
c)
Teacher plays the recording for the second time
d)
Students complete the text based on the words given
e)
Teacher divide students in pair
f)
Students discuss the ideas of the tanks expression
g)
Teacher let students to prepare themselves for oral report
3.
Konfirmasi/ICoT (20 menit)
Teacher asks
students to report the text of the recording based on their own word.
C.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Ask students opinions about the thank expression that they have listened from the recording
2.
Leave taking
V.
Alat/Bahan/Sumber belajar
1.
Any sources from internet
2.
Teacher’s creation
VI. Media Pembelajaran: Tape recording
VII.
Penilaian
1.
Teknik : Tes
lisan
2.
Bentuk :
Presentation
3.
Contoh instrument:
Students retell
the recording based on their own word
VIII.
Rubrik Penilaian
1.
Listening
NO
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
Setiap jawaban yang benar dan
tepat
|
20
|
2
|
Jawaban kurang tepat
|
10
|
3
|
Tidak menjawab
|
0
|
Jumlah pertanyaan :
5
Nilai untuk satuan
jawaban benar : 20
Jumlah skor
maksimal : 100
|
2.
Speaking
Aspek
yang dinilai
|
Skala
Penilaian
|
S
|
B
|
S X B
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
Fluency
|
Errors
|
Most errors
|
Some like native
|
Mostly like native
|
Truly like native
|
2
|
||
Pronunciation
|
Errors
|
Most errors
|
Some like native
|
Mostly like native
|
Truly like native
|
2
|
||
Content
|
Truly unrelated to the topic
|
Mostly unrelated to the topic
|
Some related to the topic
|
Mostly related to the topic
|
Truly related to the topic
|
4
|
||
Performance
|
Not confident
|
Less
confident
|
Rather
confident
|
Confident
|
Tryly
confident
|
2
|
||
Skor
(S X B)
|
Skor
total: Skor (S x B) x 2
S:
Skor
B:
Bobot
|
|
0 comments:
Post a Comment